Saturday, September 20, 2014

RPP IPS Kurikulum 2013 Keunggulan Lokasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                       
Sekolah                            :  SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran                 :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :  VIII / Satu
Tema/Topik                      :  Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub Tema                         :  Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi,
   Transportasi, dan Komunikasi.
Sub-sub Tema                  :  Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Transportasi
Alokasi Waktu                 :  2 Pertemuan (4 JP)


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.3.Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.

1.      Memberi salam
2.      Mengucapkan rasa syukur atas nikmat bertempat tinggal di Indonesia.
3.      Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran Pengaruh lokasi terhadap Transportasi.
2.
2.1.Menunjukkan perilaku disiplin, santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

1.      Berada di dalam kelas atau datang tepat waktu
2.      Patuh pada tata tertib siswa.
3.      Menghormati guru
4.      Tidak berkata kotor, kasar.
5.      Tidak menyela pembicaraan
6.      Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
7.      Berani presentasi di depan kelas.
3.
3.1.Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
3.3.Mendeskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
3.4.Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
1.      Menyebutkan jenis-jenis tranportasi di Indonesia.
2.      Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis transportasi.
3.      Mengidentifikasi jenis transportasi yang banyak dijumpai di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa.
4.      Menjelaskan alasan berkembangnya jenis sarana transportasi di suatu daerah/pulau.
5.      Menjelaskan cara menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi.
6.      Menyebutkan dan menjelaskan lembaga yang terkait dengan transportasi.
7.      Menjelaskan peran dan fungsi masing-masing lembaga tersebut dalam transportasi.

4.
4.2.Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.
4.3.Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

1.      Mempresentasikan jenis-jenis transportasi serta contohnya secara lisan..

2.      Mempresentasikan cara aman dan nyaman dalam menggunakan sarana transportasi secara lisan.

3.      Menyajikan pengetahuan peserta didik mengenai lembaga yang terkait dengan transportasi serta peran dan fungsi lembaga tersebut secara tertulis.


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
a.       Memberi salam
b.      Mengucapkan rasa syukur atas nikmat bertempat tinggal di Indonesia.
c.       Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran Pengaruh lokasi terhadap Transportasi.
2.      Kompetensi Sikap Sosial
a.       Berada di dalam kelas atau datang tepat waktu
b.      Patuh pada tata tertib siswa.
c.       Menghormati guru
d.      Tidak berkata kotor, kasar.
e.       Tidak menyela pembicaraan
f.       Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
g.      Berani presentasi di depan kelas.
3.      Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Ketrampilan
Pertemuan Kesatu
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat :
a.       Menyebutkan jenis-jenis tranportasi di Indonesia.
b.      Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis transportasi.
c.       Mengidentifikasi jenis transportasi yang banyak dijumpai di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa.
d.      Menjelaskan alasan berkembangnya jenis sarana transportasi di suatu daerah/pulau.
e.       Mempresentasikan jenis-jenis transportasi serta contohnya secara lisan.
Pertemuan Kedua
a.       Menjelaskan cara menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi.
b.      Menyebutkan dan menjelaskan lembaga yang terkait dengan transportasi.
c.       Menjelaskan peran dan fungsi masing-masing lembaga tersebut dalam transportasi.
d.      Mempresentasikan cara aman dan nyaman dalam menggunakan sarana transportasi secara lisan.
e.       Menyajikan pengetahuan peserta didik mengenai lembaga yang terkait dengan transportasi serta peran dan fungsi lembaga tersebut secara tertulis.



D.    Materi Pembelajaran
1.      Jenis-jenis transportasi dan contohnya.
2.      Keunggulan dan kelemahan jenis transportasi.
3.      Pengaruh lokasi terhadap berkembangnya jenis transportasi.
4.      Cara menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi.
5.      Peran kelembagaan dalam kegiatan transportasi.

E.     Pendekatan Dan Model Pembelajaran
Pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sub- subtema
ini adalah:
a.  Pendekatan Saintifik (Scientific)
b.  Model: Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       Gambar tentang jenis-jenis transportasi dan contohnya dalam bentuk slide proyektor.
b.      Peta sarana transportasi Indonesia dalam bentuk slide proyektor.
c.       Lembar kerja siswa (panduan pengamatan gambar jenis transportasi)

2.      Alat dan Bahan
a.       LCD Proyektor
b.      Laptop

3.      Sumber Pembelajaran
a.       KEMENDIKBUD.2014. Buku Siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VIII. Jakarta:KEMENDIKBUD (Hal 27-45).
b.      KEMENDIKBUD.2014. Buku Guru. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VIII. Jakarta:KEMENDIKBUD (Hal 99-107).
c.       Internet : Vivanews.com

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu
   a. Pendahuluan
1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2) Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
3) Guru memberi motivasi: menanyakan apakah sudah membaca materi yang akan
    dipelajari.
4) Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5
 orang.

  b. Kegiatan inti
1)   Mengamati
a)      Peserta didik diminta mengamati Gambar jenis transportasi dan contohnya serta mengamati Peta sarana transportasi Indonesia.
b)      Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari pengamatan gambar dan peta tersebut di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d)     Jika hal-hal yang ingin diketahui belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran ke dalam rumusan pertanyaan.

2)   Menanya
a)      Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan gambar tersebut.
b)      Salah satu peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.

3)   Mencoba/Mengumpulkan Data (Informasi)
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber dengan membaca Buku Siswa, mencari di internet atau sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

4)   Mengasosiasikan/Menalar/Menganalisis Data (Informasi)
a)      Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
b)      Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan.

5)   Mengkomunikasikan
a)      Dipilih secara acak beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b)      Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c)      Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

c. Kegiatan penutup
1)      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)      Peserta didik diberi pertanyaan lisan.
4)      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
6)      Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
7)      Peserta didik diberi tugas untuk mempersiapkan materi yang akan datang tentang cara aman dan nyaman bertransportasi dan kelembagaan transportasi yaitu dengan membaca buku siswa, membuka internet, maupun mengamati lingkungan yang terkait dengan transportasi.


2. Pertemuan Kedua
   a. Pendahuluan
1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2) Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
3) Guru memberi motivasi: menanyakan apakah sudah membaca materi yang akan
    dipelajari.
4) Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5
 orang.

  b. Kegiatan inti
1)      Mengamati
a)      Peserta didik diminta mengamati Gambar kecelakaan transportasi serta gambar contoh lembaga transportasi.
b)      Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari pengamatan gambar tersebut di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d)     Jika hal-hal yang ingin diketahui belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran ke dalam rumusan pertanyaan.

2)      Menanya
a)      Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan gambar tersebut.
b)      Salah satu peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.

3)      Mencoba/Mengumpulkan Data (Informasi)
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber dengan membaca Buku Siswa, mencari di internet atau sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

4)      Mengasosiasikan/Menalar/Menganalisis Data (Informasi)
a)      Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
b)      Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan.

5)      Mengkomunikasikan
a)      Dipilih secara acak beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b)      Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c)      Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

c. Kegiatan penutup
1)      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)      Peserta didik diberi pertanyaan lisan.
4)      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
6)      Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.

H.    Penilaian
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
a.       Teknik penilaian : Observasi
b.      Bentuk instrumen : Lembar observasi
c.       Kisi-kisi :




No
Butir nilai (sikap)
Indikator
Jumlah butir instrumen
1
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.

Memberi salam
1
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat bertempat tinggal di Indonesia.

1
Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran Pengaruh lokasi terhadap Transportasi.
1

d.      Instrumen : lihat lampiran 1A
e.       Petunjuk penentuan nilai : lihat lampiran 1B

2.      Kompetensi Sikap Sosial
a.       Teknik penilaian : Observasi
b.      Bentuk instrumen : Lembar observasi
c.       Kisi-kisi :

No
Butir nilai (sikap)
Indikator
Butir instrumen
1
Menunjukkan perilaku disiplin
Berada di dalam kelas atau datang tepat waktu
1
Patuh pada tata tertib siswa.
1
2.
Menunjukkan perilaku santun.
Menghormati guru
1
Tidak berkata kotor, kasar
1
Tidak menyela pembicaraan
1
3.
Menunjukkan perilaku percaya diri
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
1
Berani presentasi di depan kelas.
1

d.      Instrumen : lihat lampiran 2A (Disiplin), 2B (santun), 2C (Percaya Diri)
e.       Penentuan skor : lihat lampiran 2A.1, 2B.1, 2C.1

3.      Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik penilaian : Tes lisan
b.      Bentuk instrumen : Tes uraian
c.       Kisi-kisi :



















No
Indikator
Jumlah butir instrumen
Nomor butir soal
1
Menyebutkan jenis-jenis tranportasi di Indonesia.
1
1
2
Menyebutkan contoh-contoh dari masing-masing jenis transportasi.
1
2
3
Mengidentifikasi jenis transportasi yang banyak dijumpai di pulau Jawa dan di luar pulau Jawa.
1
3
4
Menjelaskan alasan berkembangnya jenis sarana transportasi di suatu daerah/pulau.
1
4
5
Menjelaskan cara menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi.
1
5
6
Menyebutkan dan menjelaskan lembaga yang terkait dengan transportasi.
1
6
7
Menjelaskan peran dan fungsi masing-masing lembaga tersebut dalam transportasi.
1
7

d.      Instrumen : lihat lampiran 3A
e.       Petunjuk (rubrik) penentuan skor : lihat lampiran 3B

4.      Kompetensi Ketrampilan
a.       Teknik penilaian :
1)      Penilaian produk
2)      Observasi
b.      Bentuk instrumen :
1)  Rubrik penilaian produk
2)  Lembar observasi

c.       Kisi-kisi :

No
Indikator
Butir instrumen
1
Mempresentasikan jenis-jenis transportasi serta contohnya secara lisan..
1
2.
Mempresentasikan cara aman dan nyaman dalam menggunakan sarana transportasi secara lisan.

1
3.
Menyajikan pengetahuan peserta didik mengenai lembaga yang terkait dengan transportasi serta peran dan fungsi lembaga tersebut secara tertulis.
1

d.      Instrumen : lihat lampiran 4A, 4C, 4E
e.       Petunjuk Penentuan skor : lihat lampiran 4B, 4D, 4F




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 7 Pekalongan



Sri Supadmi, S.Pd.
NIP. 19650815 199003 2 007

Pekalongan, 14 Juli 2014

Guru Mapel  IPS



Ahmad Aziz, S.Pd.
NIP. 19770605 200701 1 023
NB : Jika Anda membutuhkan lampiran RPP ini, silahkan coment dan berikan alamat email Anda, Insya Allah akan saya kirim lewat email. Tks.