Jumat, 08 Februari 2013

RPP IPS Kelas 8 Smt 1 (Kondisi Fisik)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P No.1)

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /Semester           : VIII / 1
Standar Kompetensi   : 1.    Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar       : 1. 1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk Indonesia
Indikator                     : 
a.       Menunjukkan letak  (Astronomis, geografis,  geologis) Indonesia
b.      menganalisa hubungan letak astronomi dengan iklim dan waktu
c.       Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim di indonesia.
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.     Membedakan letak geografis dan letak astronomi
2.     Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim.
3.     Membuat peta arah angin musim barat dan arah angin musim timur Indonesia

B        Materi  Pelajaran
1.        Letak aetronomi  Indonesia dan pengaruhnya terhadap iklim tropis di Indonesia
2.        Kaitan letak geografis dengan iklim muson yang terjadi di Indonesia
3.        Pengaruh bentuk wilayah kepulauan dengan iklim laut di Indonesia.
4.        Pembagian daerah waktu di Indonesia akibat letak bujur indonesi

C       Metode Pembelajaran
1.        Pengamatan Peta / Observasi

D       Langkah - Langkah Kegiatan Pembelajaran

NO
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Karakter
1

Kegiatan Awal


a.
Apersepsi
: 
Apa pengaruh letak geografis terhadap angin suatu daerah
Ingin tahu, kritis, disiplin


b.
Motivasi
:
Guru menjelaskan manfaat mempelajari materi pembelajaran (letak suatu daerah dan angin)

c.
Informasi Tujuan Pembelajaran
:
1.        Membedakan letak geografis dan letak astronomi
2.        Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim.
3.        Membuat peta arah angin musim barat dan arah angin musim timur Indonesia

2

Kegiatan Inti


a.
Eksplorasi
:
1.      Guru membentuk kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 siswa untuk mendiskusikan letak geografis, astronomis dan geologis Indonesia
2.      Guru membagikan peta untuk digunakan oleh siswa dalam melakukan pengamatan
3.      Siswa membaca buku BSE Sanusi Fattah

Kerjasama, kritis, kerja keras

b.
Elaborasi
: Elaborasi
1.      Siswa berdiskusi dengan kelompoknya menjelaskan pengertian letak geografis
2.      Siswa berdiskusi dengan kelompoknya menjelaskan pengertian letak astronomis
3.      Dengan menggunkan peta siswa menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim
4.      Siswa membuat gambar arah angin musim barat dan musim timur indonesia
5.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
6.      Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi tersebut
Kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, percaya diri, demokratis

c.
Konfirmasi
:
1.      Guru memberi arahan dan meluruskan dari hasil diskusi siswa tentang letak Indonesia
2.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Kritis, logis, santun
3

Kegiatan Akhir



Penutup
:
1.      Dengan panduan guru siswa membuat rangkuman/ simpulan hasil diskusi
2.      Guru memberikan pertanyaan secara lisan
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari tujuan pembelajaran berikutnya.
Mandiri, jujur, kritis, percaya diri

E        Sumber dan  Media Pembelajaran
1.        Buku IPS Depdiknas BSE Kelas VIII, Sanusi Fattah dkk,  halaman 1-5
2.        Globe dan Peta
3.        Buku Pendamping IPS untuk SMP/MTs Semester 1 kelas VIII, MGMP IPS Kota Pekalongan halaman 3-5

F        Penilaian
1.        Teknik penilaian
a.        Tes tertulis
b.       Tes lisan
2.        Bentuk Instrumen
a.        Tes uraian
b.       Daftar pertanyaan
3.        Soal instrumen
1.      Jelaskan perbedaan letak geografi dan letak astronomi Indonesia ! ( 10 )
2.      Jelaskan hubungan posisi geografi dengan perubahan musim ! ( 10 )
3.      Mengapa Indonesia beriklim muson laut tropis. ( 20 )
4.      Gambarkan pola angin musim timur ( 10 )

         Kunci Jawaban
  1. Letak astronomi adalah letak berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur letak ini hanya  ada di peta sedangkan letak geografi letak suatu tempat berdasarkan kenyataannya di muka bumi / Letak yang sebenarnya.
  2. Posisi geografi Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudera serta membentang diantara garis balik utara dan selatan menyebabkan Indonesia  menjadi lintasan gerak semu matahari tahunan. Hal ini mengakibatkan perubahan musim bagi Indonesia.
  3. Indonesia beriklim muson karena pengaruh letak geografi indonesia dan Indonesia beriklim laut karena berbentuk kepulauan yang dikelilingai laut yang luas.
  1.   












LEMBAR PENILAIAN

No
Kelompok/ Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
1
2
3
4
1.







2.







3.







1







2







3








Keterangan aspek yang dinilai :
  1. ketepatan menunjukkan letak geografi Indonesia
  2. ketepatan menunjukkan letak garis lintang
  3. ketepatan menunjukkan letak garis bujur
  4. ketepatan membuat arah angin musim di Indonesia
Skor nilai 0 – 8









































LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

1.        Dari sabang sampai merauke wilayah Indonesia memiliki panjang kira-kira ...
Jawab 5.600 km
2.        Jumlah Pulau keseluruhan wilayah Indonesia kurang lebih ....
Jawab 18.110
3.        Secara astronomis wilayah Indonesia terletak pada ...
Jawab 60 LU – 110 LS dan 950 BT-1410 BT
4.        Apa yang dimaksud dengan letak astronomis
Jawab Letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur
5.        Apa pengaruh letak astronomis terhadap kehidupan di Indonesia
a.       Berdasarkan letak lintangnya Indonesia beriklim tropis
b.      Berdasarkan letak bujurnya Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu:
1)      WIB terdapat pada garis bujur 1050 BT – 1200BT dengan selisih waktu 7 jam lebih awal dari GMT, daerahnya meliputi : Sujaka (bar dan tengah)
2)      WITA terdapat pada garis bujur 1200 – 1350BT dengan selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT, daerahnya meliputi : Kalsel, Kaltim, Bali, NTT,NTB, Sulawesi dan pulau kecil di sekitarnya
3)      WIT terdapat pada garis bujur 1350-1410BT, dengan selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT , meliputi wilayah: Maluku, papua dan pulau kecil di sekitarnya
6.        Bagaimanakah letak geografis negara Indonesia
Jawab Indonesia terletak diantara benua Asia dan benua Australia, serta diantara Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia/Hindia
7.        Bagimanakah pengaruh letak geografis terhadap bangsa Indonesia
Jawab:
a.        Berada pada jalur perdagangan yang ramai karena berada pada posisi silang
b.       Memilki karakterisitik iklim dan musim yang berlainan, karena diapit dua samudera
8.        Jelaskan pengaruh letak astronomis dan geografis terhadap bangsa Indonesia
Jawab:
a.       Matahari menyinari Indoneisa sepanjang tahun
b.      Penguapan dan kelembababn tinggi
c.       Memilkicurah hujan yang tinggi (lebih dari 2000 mm per tahun
d.      Memiliki wilayah hutan hujan tropis yang lebat
e.       Memiliki dua musim (kemarau dan penghujan)

9.        Jelaskan pergerakan arak angin di Indoneisa dengan menggunkan pergerakan semu matahari
Jawab (lihat buku paket kelas VIII depdiknas BSE halaman 4)
10.    Gambarkan pergerakan arah angin musim barat dan musim timur
Jawab (lihat buku paket Kelas VIII Depdiknas BSE halaman 5)



Mengetahui,
Kepala SMPN 7 Pekalongan,
                      Pekalongan, Juli 2012
                       
                      Guru Mata Pelajaran




Nur Kawakib, S.Pd..          
NIP. 19640421 198803 2 010




                       Ahmad Aziz, S.Pd.
                       NIP. 19770605 200701 1 023




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P  2)

Sekolah                       : SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /Semester           : VIII / 1
Standar Kompetensi   : 1.    Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar       : 1.1. Mendiskripsikan kondisi fisik wilayah Indonesia dan penduduk.

Indikator                      : 
a.        Menjelaskan pembagian tiga daerah waktu di Indonesia
b.        Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe asiatis , australis dan peralihan di Indonesia.

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran (2  x  40 menit )

A       Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.       Menjelaskan pengaruh letak bujur terhadap pembagian waktu di Indonesia.
2.       Mengidentifikasi wilayah yang ternasuk WIB, WITA dan WIT
3.       Mengklasifikasikan pulau pulau yang ada di paparan sunda, paparan sahul dan zona peralihan.
4.       Penjelasakan persebaran flora dan fauna tipe Asiatis , tipe Australis dan yipe Peralihan.

A       Materi Pembelajaran
1.        Letak bujur Indonesia
2.        Kaitan letak bujur dan pembagian waktu di Indonesia
3.        Pembagian daerah waktu berdasarkan  wilayah dan alasannya
4.        Letak geologi Indonesia
5.        Persebaran flora dan fauna Indonesia dan faktor yang mempengaruhinya.

C       Metode Pembelajaran
1.        Inquiri
2.        Diskusi

D       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Karakter
1

Kegiatan Awal


a.
Apersepsi
: 
Apa pengertian letak astronomis dan letak geografis
Ingin tahu, kritis, disiplin


b.
Motivasi
:
Guru menjelaskan manfaat mempelajari materi pembelajaran (letak suatu derah dan angin)

c.
Informasi Tujuan Pembelajaran
:
1.        Menjelaskan pengaruh letak bujur terhadap pembagian waktu di Indonesia.
2.        Mengidentifikasi wilayah yang ternasuk WIB, WITA dan WIT
3.        Mengklasifikasikan pulau pulau yang ada di paparan sunda, paparan sahul dan zona peralihan.
4.        Penjelasakan persebaran flora dan fauna tipe Asiatis , tipe Australis dan yipe Peralihan
2

Kegiatan Inti


a.
Eksplorasi
:
1.      Guru membagikan kartu pertanyaan kepada tiap siswa untuk dijawab..
2.      Siswa dikelompokkan berdasarkan kartu soal yang sama.
3.      Siswa membaca buku BSE Sanusi Fattah
Kerjasama, kritis, kerja keras

b
Elaborasi

1.         Masing-masing kelompok mendiskusikan jawaban dari kartu soal yang didapat.
2.         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
3.         Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi tersebut
Kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, percaya diri, demokratis, cinta lingk, nasionalis.

c.
Konfirmasi
:
1.      Guru memberi arahan dan meluruskan dari hasil diskusi siswa.
2.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Kritis, logis, santun
3

Kegiatan Akhir



Penutup
:
1.      Dengan panduan guru siswa membuat rangkuman hasil diskusi
2.      Guru memberikan pertanyaan secara lisan
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari tujuan pembelajaran berikutnya.

Mandiri, jujur, kritis, percaya diri

E        Sumber dan Media Pembelajaran
1.        Buku IPS Depdiknas BSE Kelas VIII, Sanusi Fattah dkk
2.        Buku Pendamping IPS untuk SMP/MTs Semester 1 kelas VIII, MGMP IPS Kota Pekalongan
3.        Peta Indonesia dan Atlas serta globe

F        Penilaian
1.        Teknik Penilaian
a.        Tes lisan
b.       Tes tertulis
2.        Bentuk Instrumen
a.        Daftar pertanyaan
b.       Tes uraian
3.        Soal/Instrumen
1.      Berapakah letak bujur Indonesia.?
2.      Berdasarkan letak bujurnya Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu. Sebutkan dan  tunjukkan bujur tolok ukurnya !
3.      Mengapa garis batas WIB, WITA  dan WIT  tidak lurus ?
4.      Sebutkan pulau – pulau yang ada di paparan sunda.
5.      Apakah garis weber dan garis wallace itu ?

Kunci jawaban
1.      95  BT     -     141 BT
2.      WIB berdasarkan bujur 105, WITA berdasarkan bujur 120 dan WIT berdasarkan 135
3.      Karena ditarik berdasar  batas administrasi wilayah propinsi karena untuk memudahkan     koordinasi kerja .
4.      Pulau Sumatra, Jawa , Kalimantan  dan Bali.
5.      Garis Weber adalah garis yang membatasi antara zona peralihan dan zona timur sedangkan garis wallace adalah garis yang membatasi zona peralihan dan zona barat


Mengetahui,
Kepala SMPN 7 Pekalongan,
                      Pekalongan, Juli 2012
                       
                      Guru Mata Pelajaran



Nur Kawakib, S.Pd..          
NIP. 19640421 198803 2 010



                       Ahmad Aziz, S.Pd.
                       NIP. 19770605 200701 1 023

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 3)

SMP                            : SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /Semester           : VIII / 1
Standar Kompetensi   : 1.    Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah   penduduk.
Kompetensi Dasar      : 1. 1 Mendiskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator                     :       
a.    Mengidentifikasi jenis tanah di Indonesia
b.    Menyajikan informasi persebaran jenis tanah di Indonesia

Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit                                             

A       Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.        Menjelaskan pengertian tanah
2.        menganalisis faktor –faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah
3.        Mengidentifikasi jenis tanah yanga subur
4.        Menunjukkan persebaran jenis tanah di Indonesia

B        Materi Pembelajaran
1.        Pengertian tanah
2.        Faktor –faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah
3.        Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
4.        Jenis –jenis tanah
5.        Jenis tanah yang tergolong subur.
6.        Peta persebaran jenis tah di Indonesia.

C       Metode pembelajaran
1.        Observasi
2.        Penugasan Proyek

D       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

NO
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan karakter
1

Kegiatan Awal


a.
Apersepsi
: 
Apa manfaat tanah bagi kehidupan manusia
Ingin tahu, kritis, disiplin

b.
Motivasi
:
Guru menjelaskan manfaat mempelajari materi pembelajaran (macam-macam tanah)

c.
Informasi Tujuan Pembelajaran
:
1.      Menjelaskan pengertian tanah
2.      menganalisis faktor –faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah
3.      Mengidentifikasi jenis tanah yang subur
4.      Menunjukkan persebaran jenis tanah di Indonesia

2

Kegiatan Inti


a.
Eksplorasi
:
1.      Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi ( 4 – 5)
2.      Guru membagikan  sebongkah tanah untuk dilakukan pengamatan.
3.      Tiap-tiap kelompok mengisi Lembar kegiatan siswa .

Kerjasama, kritis, kerja keras

b.
Elaborasi

1.        Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang jenis tanah tersebut.
2.        Kelompok yang ditunjuk maju ke depan mempresentasikan hasil diskusi,.
3.        Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi tersebut

Kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, percaya diri, demokratis, cinta lingkungan

c.
Konfirmasi
:
1.      Guru memberi arahan dan meluruskan dari hasil diskusi siswa.
2.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Kritis, logis, santun
3

Kegiatan Akhir



Penutup
:
1.      Dengan panduan guru siswa membuat rangkuman hasil diskusi
2.      Guru memberikan pertanyaan secara lisan
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada buku pendamping.

Mandiri, jujur, kritis, percaya diri

E        Sumber dan Media Pembelajaran
1.        Buku IPS Depdiknas BSE Kelas VIII, Sanusi Fattah dkk,
2.        Buku Pendamping IPS untuk SMP/MTs Semester 1 kelas VIII, MGMP IPS Kota Pekalongan
3.        KIT  Jenis-jenis tanah

F        Penilaian
1.        Teknik Penilaian
A.     Tes tulis
B.      Tes unjuk kerja
2.        Bentuk Instrumen
A.     Daftar pertanyaan
B.      Lembar observasi

3.        Soal/Instrumen
A.     Tes uraian
1.       Jelaskan pengertian tanah secara geologi  (10)
2.       Sebutkan 3 faktor yanga mempengaruhi pembentukan tanah ( 10 )
3.       Sebutkan 3 jenis tanah yanga subur.(10 )
4.       Dimanakah persebaran jenis tanah gambut dapat dijumapai di di Indonesia ? (20)

             B    Kunci Jawaban
1.       Tanah adalah batuan yang telah lapuk
2.       Iklim , relief  dan batuan induk
3.       Tanah alluvial , tanah humus dan tanah vulkanis
4.       Pantai timur Sumatera, pantai selatan kalimantan dan pantai barat daya dan pantai selatan papua.














RUBRIK OBSERVASI TANAH

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai/Rentang Nilai
Jumlah skor
Nilai Akhir

I
II
III
IV
V
VI
VII
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
1-5
35

1










2










3










4










5










dst












Aspek rubrik observasi :
1.       Kegigihan mencari data
2.       Kemampuan bertanya pada obyek
3.       Kemampuan menuliskan data
4.       Kekompakan anggota
5.       Kedalaman dan keluasan materi
6.       Teknik dan penyusunan tulisan
7.       Ketepatan waktu menyerahkan hasil

                                            




Mengetahui,
Kepala SMPN 7 Pekalongan,
                      Pekalongan, Juli 2012
                       
                      Guru Mata Pelajaran




Nur Kawakib, S.Pd..          
NIP. 19640421 198803 2 010




                       Ahmad Aziz, S.Pd.
                       NIP. 19770605 200701 1 023

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar