RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P No.1)
Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /Semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar : 1. 1
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk Indonesia
Indikator :
a. Menunjukkan letak (Astronomis, geografis, geologis) Indonesia
b. menganalisa hubungan letak astronomi
dengan iklim dan waktu
c. Mengidentifikasi penyebab terjadinya
perubahan musim di indonesia.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan
pembelajaran siswa dapat :
1. Membedakan letak geografis dan letak
astronomi
2. Menganalisis hubungan posisi geografis
dengan perubahan musim.
3.
Membuat peta arah angin musim barat dan arah angin
musim timur Indonesia
B
Materi
Pelajaran
1.
Letak
aetronomi Indonesia dan pengaruhnya
terhadap iklim tropis di Indonesia
2.
Kaitan
letak geografis dengan iklim muson yang terjadi di Indonesia
3.
Pengaruh
bentuk wilayah kepulauan dengan iklim laut di Indonesia.
4.
Pembagian
daerah waktu di Indonesia akibat letak bujur indonesi
C
Metode Pembelajaran
1.
Pengamatan
Peta / Observasi
D
Langkah - Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan Karakter
|
|||
1
|
|
Kegiatan Awal
|
|
||
|
a.
|
Apersepsi
|
:
|
Apa pengaruh letak geografis terhadap angin
suatu daerah
|
Ingin tahu,
kritis, disiplin
|
|
b.
|
Motivasi
|
:
|
Guru
menjelaskan manfaat mempelajari materi pembelajaran (letak suatu daerah dan
angin)
|
|
|
c.
|
Informasi Tujuan Pembelajaran
|
:
|
1.
Membedakan
letak geografis dan letak astronomi
2.
Menganalisis
hubungan posisi geografis dengan perubahan musim.
3.
Membuat peta arah angin musim barat dan arah angin
musim timur Indonesia
|
|
2
|
|
Kegiatan Inti
|
|
||
|
a.
|
Eksplorasi
|
:
|
1. Guru membentuk kelompok kecil yang
beranggotakan 4-5 siswa untuk mendiskusikan letak geografis, astronomis dan
geologis Indonesia
2. Guru membagikan peta untuk digunakan
oleh siswa dalam melakukan pengamatan
3. Siswa membaca buku BSE Sanusi Fattah
|
Kerjasama,
kritis, kerja keras
|
|
b.
|
Elaborasi
|
: Elaborasi
|
1.
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya menjelaskan pengertian letak geografis
2.
Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya menjelaskan pengertian letak astronomis
3.
Dengan
menggunkan peta siswa menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan
musim
4.
Siswa
membuat gambar arah angin musim barat dan musim timur indonesia
5.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
6.
Siswa dari kelompok
lain menanggapi hasil diskusi tersebut
|
Kerjasama,
tanggungjawab, kerja keras, percaya diri, demokratis
|
|
c.
|
Konfirmasi
|
:
|
1.
Guru
memberi arahan dan meluruskan dari hasil diskusi siswa tentang letak
Indonesia
2.
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
|
Kritis, logis,
santun
|
3
|
|
Kegiatan Akhir
|
|
||
|
|
Penutup
|
:
|
1.
Dengan
panduan guru siswa membuat rangkuman/ simpulan hasil diskusi
2.
Guru
memberikan pertanyaan secara lisan
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari tujuan pembelajaran
berikutnya.
|
Mandiri, jujur,
kritis, percaya diri
|
E
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku
IPS Depdiknas BSE Kelas VIII, Sanusi
Fattah dkk, halaman 1-5
2.
Globe
dan Peta
3.
Buku
Pendamping IPS untuk SMP/MTs Semester 1 kelas VIII, MGMP IPS Kota Pekalongan
halaman 3-5
F
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a.
Tes
tertulis
b. Tes lisan
2.
Bentuk
Instrumen
a.
Tes
uraian
b. Daftar pertanyaan
3.
Soal
instrumen
1.
Jelaskan
perbedaan letak geografi dan letak astronomi Indonesia ! ( 10 )
2.
Jelaskan
hubungan posisi geografi dengan perubahan musim ! ( 10 )
3.
Mengapa
Indonesia beriklim muson laut tropis. ( 20 )
4.
Gambarkan
pola angin musim timur ( 10 )
Kunci Jawaban
- Letak astronomi adalah letak berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur letak ini hanya ada di peta sedangkan letak geografi letak suatu tempat berdasarkan kenyataannya di muka bumi / Letak yang sebenarnya.
- Posisi geografi Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudera serta membentang diantara garis balik utara dan selatan menyebabkan Indonesia menjadi lintasan gerak semu matahari tahunan. Hal ini mengakibatkan perubahan musim bagi Indonesia.
- Indonesia beriklim muson karena pengaruh letak geografi indonesia dan Indonesia beriklim laut karena berbentuk kepulauan yang dikelilingai laut yang luas.
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Kelompok/ Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek yang dinilai :
- ketepatan menunjukkan letak geografi Indonesia
- ketepatan menunjukkan letak garis lintang
- ketepatan menunjukkan letak garis bujur
- ketepatan membuat arah angin musim di Indonesia
Skor nilai 0 – 8
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
1.
Dari
sabang sampai merauke wilayah Indonesia memiliki panjang kira-kira ...
Jawab 5.600 km
2.
Jumlah
Pulau keseluruhan wilayah Indonesia kurang lebih ....
Jawab 18.110
3.
Secara
astronomis wilayah Indonesia terletak pada ...
Jawab 60 LU – 110 LS dan 950 BT-1410 BT
4.
Apa
yang dimaksud dengan letak astronomis
Jawab Letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur
5.
Apa
pengaruh letak astronomis terhadap kehidupan di Indonesia
a.
Berdasarkan
letak lintangnya Indonesia beriklim tropis
b.
Berdasarkan
letak bujurnya Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu:
1)
WIB
terdapat pada garis bujur 1050 BT – 1200BT dengan selisih
waktu 7 jam lebih awal dari GMT, daerahnya meliputi : Sujaka (bar dan tengah)
2)
WITA
terdapat pada garis bujur 1200 – 1350BT dengan selisih
waktu 8 jam lebih awal dari GMT, daerahnya meliputi : Kalsel, Kaltim, Bali,
NTT,NTB, Sulawesi dan pulau kecil di sekitarnya
3)
WIT
terdapat pada garis bujur 1350-1410BT, dengan selisih
waktu 9 jam lebih awal dari GMT , meliputi wilayah: Maluku, papua dan pulau
kecil di sekitarnya
6.
Bagaimanakah
letak geografis negara Indonesia
Jawab Indonesia terletak diantara benua Asia dan benua Australia, serta
diantara Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia/Hindia
7.
Bagimanakah
pengaruh letak geografis terhadap bangsa Indonesia
Jawab:
a.
Berada
pada jalur perdagangan yang ramai karena berada pada posisi silang
b. Memilki karakterisitik iklim dan musim
yang berlainan, karena diapit dua samudera
8.
Jelaskan
pengaruh letak astronomis dan geografis terhadap bangsa Indonesia
Jawab:
a. Matahari menyinari Indoneisa sepanjang
tahun
b. Penguapan dan kelembababn tinggi
c. Memilkicurah hujan yang tinggi (lebih dari
2000 mm per tahun
d. Memiliki wilayah hutan hujan tropis yang
lebat
e. Memiliki dua musim (kemarau dan penghujan)
9.
Jelaskan
pergerakan arak angin di Indoneisa dengan menggunkan pergerakan semu matahari
Jawab (lihat buku paket kelas VIII depdiknas BSE halaman 4)
10. Gambarkan pergerakan arah angin musim
barat dan musim timur
Jawab (lihat buku paket Kelas VIII Depdiknas BSE halaman 5)
Mengetahui,
Kepala
SMPN 7 Pekalongan,
|
Pekalongan, Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
|
Nur
Kawakib, S.Pd..
NIP.
19640421 198803 2 010
|
Ahmad Aziz, S.Pd.
NIP. 19770605 200701 1 023
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P 2)
Sekolah :
SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /Semester :
VIII / 1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendiskripsikan kondisi
fisik wilayah Indonesia
dan penduduk.
Indikator :
a.
Menjelaskan pembagian tiga daerah waktu di
Indonesia
b.
Menyajikan
informasi persebaran flora dan fauna tipe asiatis , australis dan peralihan di Indonesia.
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran (2 x 40 menit )
A Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan pengaruh letak bujur terhadap pembagian
waktu di Indonesia.
2.
Mengidentifikasi wilayah yang ternasuk WIB, WITA dan
WIT
3.
Mengklasifikasikan pulau pulau yang ada di paparan
sunda, paparan sahul dan zona peralihan.
4.
Penjelasakan persebaran flora dan fauna tipe Asiatis ,
tipe Australis dan yipe Peralihan.
A
Materi Pembelajaran
1.
Letak
bujur Indonesia
2.
Kaitan
letak bujur dan pembagian waktu di Indonesia
3.
Pembagian
daerah waktu berdasarkan wilayah dan
alasannya
4.
Letak
geologi Indonesia
5.
Persebaran
flora dan fauna Indonesia dan faktor yang mempengaruhinya.
C
Metode Pembelajaran
1.
Inquiri
2.
Diskusi
D
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan
Karakter
|
|||
1
|
|
Kegiatan Awal
|
|
||
|
a.
|
Apersepsi
|
:
|
Apa pengertian
letak astronomis dan letak geografis
|
Ingin tahu,
kritis, disiplin
|
|
b.
|
Motivasi
|
:
|
Guru
menjelaskan manfaat mempelajari materi pembelajaran (letak suatu derah dan
angin)
|
|
|
c.
|
Informasi Tujuan Pembelajaran
|
:
|
1.
Menjelaskan pengaruh letak bujur terhadap pembagian
waktu di Indonesia.
2.
Mengidentifikasi wilayah yang ternasuk WIB, WITA dan
WIT
3.
Mengklasifikasikan pulau pulau yang ada di paparan
sunda, paparan sahul dan zona peralihan.
4.
Penjelasakan persebaran flora dan fauna tipe
Asiatis , tipe Australis dan yipe Peralihan
|
|
2
|
|
Kegiatan Inti
|
|
||
|
a.
|
Eksplorasi
|
:
|
1. Guru membagikan kartu pertanyaan kepada
tiap siswa untuk dijawab..
2. Siswa dikelompokkan berdasarkan kartu
soal yang sama.
3. Siswa membaca buku BSE Sanusi Fattah
|
Kerjasama,
kritis, kerja keras
|
|
b
|
Elaborasi
|
|
1.
Masing-masing
kelompok mendiskusikan jawaban dari kartu soal yang didapat.
2.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
3.
Siswa dari kelompok
lain menanggapi hasil diskusi tersebut
|
Kerjasama,
tanggungjawab, kerja keras, percaya diri, demokratis, cinta lingk, nasionalis.
|
|
c.
|
Konfirmasi
|
:
|
1.
Guru
memberi arahan dan meluruskan dari hasil diskusi siswa.
2.
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
|
Kritis, logis,
santun
|
3
|
|
Kegiatan Akhir
|
|
||
|
|
Penutup
|
:
|
1.
Dengan
panduan guru siswa membuat rangkuman hasil diskusi
2.
Guru
memberikan pertanyaan secara lisan
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari tujuan pembelajaran
berikutnya.
|
Mandiri, jujur,
kritis, percaya diri
|
E
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku
IPS Depdiknas BSE Kelas VIII, Sanusi
Fattah dkk
2.
Buku
Pendamping IPS untuk SMP/MTs Semester 1 kelas VIII, MGMP IPS Kota Pekalongan
3.
Peta
Indonesia dan Atlas serta globe
F
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
lisan
b. Tes tertulis
2.
Bentuk
Instrumen
a.
Daftar
pertanyaan
b. Tes uraian
3.
Soal/Instrumen
1.
Berapakah
letak bujur Indonesia.?
2.
Berdasarkan
letak bujurnya Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu. Sebutkan dan tunjukkan bujur tolok ukurnya !
3.
Mengapa
garis batas WIB, WITA dan WIT tidak lurus ?
4.
Sebutkan
pulau – pulau yang ada di paparan sunda.
5.
Apakah
garis weber dan garis wallace itu ?
Kunci jawaban
1.
95 BT
- 141 BT
2.
WIB
berdasarkan bujur 105, WITA berdasarkan bujur 120 dan WIT berdasarkan 135
3.
Karena
ditarik berdasar batas administrasi
wilayah propinsi karena untuk memudahkan
koordinasi kerja .
4.
Pulau
Sumatra, Jawa , Kalimantan dan Bali.
5.
Garis
Weber adalah garis yang membatasi antara zona peralihan dan zona timur
sedangkan garis wallace adalah garis yang membatasi zona peralihan dan zona
barat
Mengetahui,
Kepala
SMPN 7 Pekalongan,
|
Pekalongan, Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
|
Nur
Kawakib, S.Pd..
NIP.
19640421 198803 2 010
|
Ahmad Aziz, S.Pd.
NIP. 19770605 200701 1 023
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 3)
SMP : SMP Negeri 7
Pekalongan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /Semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi
Dasar : 1. 1 Mendiskripsikan kondisi
fisik wilayah dan penduduk
Indikator :
a. Mengidentifikasi jenis tanah di Indonesia
b. Menyajikan informasi persebaran jenis
tanah di Indonesia
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian tanah
2.
menganalisis
faktor –faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah
3.
Mengidentifikasi
jenis tanah yanga subur
4.
Menunjukkan
persebaran jenis tanah di Indonesia
B
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
tanah
2.
Faktor
–faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah
3.
Bentuk-bentuk
kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
4.
Jenis
–jenis tanah
5.
Jenis
tanah yang tergolong subur.
6.
Peta
persebaran jenis tah di Indonesia.
C
Metode pembelajaran
1.
Observasi
2.
Penugasan
Proyek
D
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pendidikan karakter
|
|||
1
|
|
Kegiatan Awal
|
|
||
|
a.
|
Apersepsi
|
:
|
Apa manfaat
tanah bagi kehidupan manusia
|
Ingin tahu,
kritis, disiplin
|
|
b.
|
Motivasi
|
:
|
Guru
menjelaskan manfaat mempelajari materi pembelajaran (macam-macam tanah)
|
|
|
c.
|
Informasi Tujuan Pembelajaran
|
:
|
1. Menjelaskan pengertian tanah
2. menganalisis faktor –faktor yang
mempengaruhi pembentukan tanah
3. Mengidentifikasi jenis tanah yang subur
4. Menunjukkan persebaran jenis tanah di
Indonesia
|
|
2
|
|
Kegiatan Inti
|
|
||
|
a.
|
Eksplorasi
|
:
|
1. Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok diskusi ( 4 – 5)
2. Guru membagikan sebongkah tanah untuk dilakukan pengamatan.
3. Tiap-tiap kelompok mengisi Lembar
kegiatan siswa .
|
Kerjasama,
kritis, kerja keras
|
|
b.
|
Elaborasi
|
|
1.
Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang jenis tanah tersebut.
2.
Kelompok
yang ditunjuk maju ke depan mempresentasikan hasil diskusi,.
3.
Siswa dari kelompok
lain menanggapi hasil diskusi tersebut
|
Kerjasama,
tanggungjawab, kerja keras, percaya diri, demokratis, cinta lingkungan
|
|
c.
|
Konfirmasi
|
:
|
1.
Guru
memberi arahan dan meluruskan dari hasil diskusi siswa.
2.
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
|
Kritis, logis,
santun
|
3
|
|
Kegiatan Akhir
|
|
||
|
|
Penutup
|
:
|
1.
Dengan
panduan guru siswa membuat rangkuman hasil diskusi
2.
Guru
memberikan pertanyaan secara lisan
3.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal pada buku
pendamping.
|
Mandiri, jujur,
kritis, percaya diri
|
E
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku
IPS Depdiknas BSE Kelas VIII, Sanusi Fattah
dkk,
2.
Buku
Pendamping IPS untuk SMP/MTs Semester 1 kelas VIII, MGMP IPS Kota Pekalongan
3.
KIT Jenis-jenis tanah
F
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
A. Tes tulis
B. Tes unjuk kerja
2.
Bentuk
Instrumen
A. Daftar pertanyaan
B. Lembar observasi
3.
Soal/Instrumen
A. Tes uraian
1. Jelaskan pengertian tanah secara geologi (10)
2. Sebutkan 3 faktor yanga mempengaruhi
pembentukan tanah ( 10 )
3. Sebutkan 3 jenis tanah yanga subur.(10 )
4. Dimanakah persebaran jenis tanah gambut
dapat dijumapai di di Indonesia ? (20)
B Kunci Jawaban
1. Tanah adalah batuan yang telah lapuk
2. Iklim , relief dan batuan induk
3. Tanah alluvial , tanah humus dan tanah
vulkanis
4. Pantai timur Sumatera, pantai selatan
kalimantan dan pantai barat daya dan pantai selatan papua.
RUBRIK OBSERVASI TANAH
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai/Rentang Nilai
|
Jumlah skor
|
Nilai Akhir
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
||||
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
1-5
|
35
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek rubrik observasi :
1. Kegigihan mencari data
2. Kemampuan bertanya pada obyek
3. Kemampuan menuliskan data
4. Kekompakan anggota
5. Kedalaman dan keluasan materi
6. Teknik dan penyusunan tulisan
7. Ketepatan waktu menyerahkan hasil
Mengetahui,
Kepala
SMPN 7 Pekalongan,
|
Pekalongan, Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
|
Nur
Kawakib, S.Pd..
NIP.
19640421 198803 2 010
|
Ahmad Aziz, S.Pd.
NIP. 19770605 200701 1 023
|
No comments:
Post a Comment