Sunday, December 7, 2014

SILABUS IPS KELAS 7 REVISI KURIKULUM 2013

SILABUS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan    : SMP/MTs

Kelas                          : VII (tujuh)

Kompetensi Inti

KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,    dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2     Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
1.3    Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya

Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal


2.1   Menunjuk-kan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2   Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan  kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.

2.3    Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya



Tema I       : Keadaan Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema A : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.2 Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
·         Letak wilayah dan pengaruh-nya bagi keadaan alam Indonesia


Mengamati:
·     Mengamati peta letak astronomis dan geografis Indonesia


Menanya:
·      Merumuskan pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis Indonesia

Mengumpulkan informasi:
·         Mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis


Menalar/Mengasosiasi:
·         Menganalisis keterkaitan antara letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan negara lain

Mengomunikasikan:
·         Mempresentasikan hasil analisis data tentang letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan negara lain

Sikap:
·     Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan menggunakan rubrik
·   Pengetahuan
Tes Tertulis/  Lisan tentang: letak astronomis dan geografis  Indonesia

Keterampilan:
·      Unjuk Kerja/ Praktik
    Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/pre-sentasi)


4JP

·     Peta letak astronomis dan geografis Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema I        : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema B : Keadaan Alam Indonesia
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.2 Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
·         Keadaan Iklim di Indonesia
·         Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia
·         Keragaman flora dan fauna di Indonesia

Mengamati:
·     Mengamati suhu udara di suatu tempat yang terjadi sampai siang hari
·     Mengamati peta fisiografis Indonesia, peta sebaran gunug berapi, gambar bencana alam
·     Mengamati keragaman flora dan fauna


Menanya:
·      Merumuskan pertanyaan tentang suhu udara terendah dan suhu udara tertinggi
·      Merumusan pertanyaan tentang kondisi fisiografis di daerahnya, bencana alam yang terjadi di Indonesia, dan gunung berapi yang ada di Indonesia
·      Merumuskan pertanyaan tentang keragaman flora dan fauna di Indonesia

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang wilayah Indonesia dikaitkan dengan keadaan iklim
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang bentuk muka bumi di Indonesia
·      Mengumpulkan informasi tentang bentuk muka bumi di Indonesia dan sebaran flora dan fauna dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
·     Menganalisis keterkaitan antara keadaan iklim dengan suhu udara
·     Menganalisis bentuk muka bumi dan kaitannya dengan aktivitas penduduk
·     Menganalisis keragaman flora dan fauna di Indonesia

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang keadaan iklim di Indonesia
·      Mempresentasikan hasil analisis data tentang bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang flora dan fauna di Indonesia


·      Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·       Tes Tertulis/  Lisan tentang iklim di Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia, keragaman flora dan fauna di Indonesia

·   Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi,
menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


16 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklope-dia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek- tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema I       : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema C: Kehidpan Sosial Masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, Hindu Buddha, dan Islam
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang



·      Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara
·      Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu Buddha
·      Kehidupan Masyrakat pada Masa Islam
·      Konektivitas antarruang dan waktu

Mengamati:
·      Mengamati peta sejarah
·      Mengamati gambar kehidupan manusia Praaksara
·      Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
·      Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Islam
·      Mengamati gambar/video tentang hutan yang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir

Menanya:
·      Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
·      Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dan hasil budayanya
·      Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Islam dan hasil budayanya
·      Meumuskan pertanyaan tentang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu, membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa praaksara dari berbagai referensi
·      Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dari berbagai sumber
·      Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Islam dari berbagai sumber
·      Mengumpulkan informasi tentang konektivitas antarruang dan waktu seerta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan manusia praaksara dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
·      Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
·      Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Islam dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
·      Menganalisis dan menyimpulkan keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa Islam
·      Mempresentasikan hasil simpuan tentang keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir

·      Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin,  dan kerjasama) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan
·  Tes Tertulis/  Lisan tentang kehidupan masyarakat masa praaksara, Hindu Buddha, Islam, dan konektivitas antarruang dan waktu

·   Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


12 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Ensiklope- dia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elekt-ronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema II       :  Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema A  :  Asal Usul Penduduk Indonesia
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.2 Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
·         Asal Usul Penduduk Indonesia
Mengamati:
·     Mengamati peta perjalanan nenek moyang Indonesia

Menanya:
·      Merumuskan pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan ras dari penduduk


Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi tentang asal usul nenek moyang Indonesia dari berbagai referensi
·       

Menalar/Mengasosiasi:
·     Menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tentang asal usul nenek moyang bansa Indonesia

Mengomunikasikan:
·     Mempresentasikan hasil analisis data tentang asal usul nenek moyang bansa Indonesia
·      Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan, menghayati ajaran agama), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan
·  Tes Tertulis/  Lisan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Keterampilan:
·   Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/pre-sentasi)


4 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Ensiklope-dia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema II       : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema  B : Karakteristik Penduduk Indonesia
3.1 1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.2 Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar


·         Jumlah dan Kepadatan Penduduk Indonesia
·          Komposisi Penduduk


Mengamati:
·     Mengamati gambar-gambar tentang jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing provinsi di Indonesia
·     Mengamati tabel tentang pendidikan, agama, bidang usaha penduduk Indonesia

Menanya:
·      Menanya tentang jumlah  penduduk yang terpadat atau yang terjarang di Indonesia
·      Menanya tentang pendidikan rata-rata dari tabel data pendidikan, agama yang dianut di daerahnya, bidang usaha yang banyak dilakukan, dan wilayah desa dan kota

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi tentang keadaan penduduk di Indonesia
·      Mengupulakan data atau informasi dari berbagai sumber tentang keadaan penduduk di suatu wilayah

Menalar/Mengasosiasi:
·     Menganalisis dan menyimpulkan tentang  keadaan penduduk Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatannya
·     Menganalisis dan menyimpulkan tentang penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya mmelalui kegiatan curah pendapat


Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil analisis data tentang keadaan penduduk di Indonesia
·      Mempresentasikan hasil analisis data tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari kompsisinya
Sikap
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·      Tes Tertulis dan lisan tentang kepadatan dan komposisi penduduk Indonesia

Keterampilan
·      Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/pre-sentasi)


14 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Ensiklope-dia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema II       : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema C : Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia dan Fasilitas Pendukungnya
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, pendidikan dan politik

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.2 Menghasil-kan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar

·         Mobilitas Penduduk Antarwila-yah Indonesia
·         Fasilitas Pendukung terjadinya Mobilitas penduduk Indonesia


Mengamati:
·     Mengamati gambar-tentang kegiatan ekonomi di kota dan pemukiman penduduk di desa

Menanya:
·      Menanya faktor penyebab terjadinya mobilitas penduduk dari desa ke kota, cara melakukan mobilitas, dan tujuan dari mobilitas
·       

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil analisis data tentang
mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya

·      Sikap:
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik

·      Pengetahuan:
·      Tes Tertulis dan lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukung-nya
·      Keterampilan
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/pre-sentasi)


8 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Ensiklope-dia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema II       : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema D : Pengertian dan Jenis Lembaga Sosial
3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik

4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang

4.2 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
·         Lembaga Sosial dan jenis-jenisnya


Mengamati:
·     Mengamati gambar-tentang aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, kegiatan ekonomi, lebaga pendidikan, dan keluarga


Menanya:
·      Menanya tentang pengertian lembaga sosial dan jenis-jenisnya


Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan data/informasi dari berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan tentang lembaga soaial dan perannya bagi masyarakat

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil analisis data tentang
Jenis-jenis lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat
·      Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·      Tes Tertulis dan lisan tentang lembaga soial dan perannya bagi masyarakat

·      Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/pre-sentasi)


10JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/MTs kls VII
·     Ensiklope-dia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema III      : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema A  : Pengertian dan Pengelompokkan Sumber Daya Alam
3. 1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

 4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang



·         Pengertian dan pengelom-pokan sumber daya alam


Mengamati:
·     Mengamati gambar pemandangan alam salah satu daerah di Indonesia

Menanya:
·      Menanya tentang ketersediaan sumber daya alam yang ada

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang pengertian dan pengelompokkan sumber daya alam


Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan tentang potensi sumber daya alam daerah masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya


Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil analisis data tentang potensi sumber daya alam dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya

Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati jaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·   Tes Tertulis dan lisan tentang pengertian dan pengelompok-an sumber daya alam

·   Keterampilan:
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


8 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema III       : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema B  : Potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia
3. 1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

 4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang



·         Potensi sumber daya udara
·         Potensi sumber daya tanah
·         Potensi sumber daya air
·         Potensi sumber daya hutan
·         Potensi sumber daya tambang
·         Potensi dan sebaran sumber daya laut



Mengamati:
·     Merasakan suhu udara
·     Mengamati peta sebaran tanah
·     Mengamati peta sebaran sungai dan danau
·     Mengamati potensi hutan yang ada di daerah masing-masing
·     Mengamati potensi tambang yang ada di daerah masing-masing
·     Mengamati sumber daya laut

Menanya:
·      Menanya tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sebaran sumber daya laut

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·   Tes Tertulis dan lisan tentang potensi sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

·   Keterampilan
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


18JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema III       : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema C  : Kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya alam
3. 1Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

 4.1Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha , dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang



·       Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
·       Pemanfaat-an sumber daya alam

Mengamati:
·     Mengamati gambar tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi,  pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan

Menanya:
·     Menanya tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi,  pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan


Mengumpulkan informasi:
·     Mengumpulkan informasi tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi,  pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
·     Menganalisis dan menyimpulkan aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber
Mengomunikasikan:
·     Mempresentasikan hasil simpulan tentang aktivitas penduduk di bidang ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan

·      Sikap
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, peduli, rasa ingin tahu) dengan mengguna-kan rubrik

·   Pengetahuan
·     Tes Tertulis dan lisan tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambang-an, kehutanan dari berbagai sumber

·   Keterampil-an
Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)


20 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema A : Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat


4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

·       Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan

Mengamati:
·     Mengamati gambar aktivitas manusia yang berdampak terhadap lingkungan alam


Menanya:
·      Menanya tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan data/ informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu dan peduli) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·   Tes Tertulis dan lisan tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Keterampilan:
·   Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
2 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema B : Saling Keterkaitan antarkelompok Lingkungan
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

·       Keterkaitan antarkompo-nen lingkungan

Mengamati:
·     Mengamati gambar/video tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern

Menanya:
·     Menanya tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern

Mengumpulkan informasi:
·     Mengumpulkan informasi/data tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern

Menalar/Mengasosiasi:
·     Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern

Mengomunikasikan:
·     Mempresentasikan hasil simpulan tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern


Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·       Tes Tertulis dan lisan tentang Keterkaitan antarkompo-nen lingkungan

Keterampilan:
·      Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
12 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema C : Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya dan Ekonomi
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

·       Hakekat Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Mengamati:
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Menanya:
·      Menanya tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi/ data tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi dari berbagai sumber.



Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli) dengan mengguna-kan rubrik
Pengetahuan:
·   Tes Tertulis dan lisan tentang hakekat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Keterampilan:
·   Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
8 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
Tema 4       : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema D : Keragaman Sosial Budaya sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.3 Mengobserva-si dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

·       Hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Budha dan masa Islam

Mengamati:
·     Mengamati gambartentang peninggalan zaman praaksara

Menanya:
·      Menanya tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi/ data tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam

Mengomunikasikan:
·      Mempresentasikan hasil simpulan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam

Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·      Tes Tertulis dan lisan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara, Hindu Budha dan masa Islam

Keterampilan
·   Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
8 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet
ema 4       : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema E : Hasil kebudayaan Masyarakat Pada masa Lalu
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan kingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.3 Mengobserva-si dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

·       Keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, religi

Mengamati:
·     Mengamati gambar/video  tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

Menanya:
·      Menanya tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

Mengumpulkan informasi:
·      Mengumpulkan informasi/ data tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
·      Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

Mengomunikasikan:
·            Mempresentasikan hasil simpulan tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
Sikap:
·      Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (rasa ingin tahu, peduli, tanggung jawab) dengan mengguna-kan rubrik

Pengetahuan:
·       Tes Tertulis dan lisan tentang Keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, religi

Keterampilan:
·   Unjuk Kerja/ Praktik
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
6 JP

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elektronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet








1 comment:

  1. Get Sports Toto - Sporting 100
    The sports betting giant is the biggest name in sports betting history. In the US, it is a global leader in online 토토 사이트 추천 sports betting, with more than 1.5 million

    ReplyDelete