Tuesday, November 11, 2014

RPP IPS Kelas 8 Kependudukan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                       
Sekolah                            :  SMP Negeri 7 Pekalongan
Mata Pelajaran                 :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :  VIII / Satu
Tema/Topik                      :  Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional
Sub Tema                         :  Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi, serta Persebaran dan  
   Migrasi Penduduk.
Sub-sub Tema                  :  Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk.
Alokasi Waktu                 :  2 Pertemuan (4 JP)


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar

No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1  Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2 Menghayati ajaran agama  
      dalam berpikir dan berperilaku
      sebagai penduduk Indonesia  
      dengan mempertimbangkan   
      kelembagaan sosial, budaya,
      ekonomi dan politik dalam
       masyarakat
a.       Memberi salam
b.      Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
c.       Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri.
d.      Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
2.
2.2.Memiliki rasa ingin tahu, terbuka, dan sikap kritis terhadap permasalahn sosial sederhana.

1.      Suka bertanya
2.      Suka mengamati sesuatu
3.      Menerima pendapat orang lain
4.      Mengakui kesalahan
5.      Tidak puas pada jawaban yang ada.
6.      Berargumentasi

3.
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

1.      Mendeskripsikan jumlah penduduk Indonesia.
2.      Menyebutkan pulau dan provinsi yang jumlah penduduknya besar
3.      Mendeskripsikan pertumbuhan penduduk Indonesia.
4.      Menyebutkan dampak jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi
5.      Menyebutkan  upaya untuk mengatasi jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi.
4.
4.2.Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.


1.      Mempresentasikan jumlah penduduk Indonesia, jumlah penduduk menurut pulau dan provinsi di Indonesia.
2.      Mempresentasikan tingkat pertumbuhan penduduk, dampak , dan upaya untuk mengatasinya
3.      Menyajikan pengetahuan peserta didik mengenai dampak jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi serta upaya untuk menanggulanginya secara tertulis.



C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
a.       Memberi salam
b.      Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
c.       Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri.
d.      Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
2.      Kompetensi Sikap Sosial
a.       Suka bertanya
b.      Suka mengamati sesuatu
c.       Menerima pendapat orang lain
d.      Mengakui kesalahan
e.       Tidak puas pada jawaban yang ada.
f.       Berargumentasi.
3.      Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Ketrampilan
Pertemuan Kesatu
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat :
a.       Mendeskripsikan jumlah penduduk Indonesia.
b.      Menyebutkan pulau dan provinsi yang jumlah penduduknya besar
c.       Mempresentasikan jumlah penduduk Indonesia, jumlah penduduk menurut pulau dan provinsi di Indonesia.
Pertemuan Kedua
a.       Mendeskripsikan pertumbuhan penduduk Indonesia.
b.      Menyebutkan dampak jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi
c.       Menyebutkan  upaya untuk mengatasi jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi.
d.      Mempresentasikan tingkat pertumbuhan penduduk, dampak , dan upaya untuk mengatasinya.
e.       Menyajikan pengetahuan peserta didik mengenai dampak jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi serta upaya untuk menanggulanginya secara tertulis.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus penduduk.
2.      Jumlah penduduk berdasarkan pulau dan provinsi.
3.      Pengertian pertumbuhan penduduk
4.      Menghitung laju pertumbuhan penduduk.
5.      Dampak jumlah penduduk dan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
6.      Upaya mengatasi jumlah penduduk dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi.
E.     Pendekatan Dan Model Pembelajaran
Pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sub- subtema
ini adalah:
a.  Pendekatan Saintifik (Scientific)
b.  Model: Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       Gambar ilustrasi jumlah penduduk besar
( sumber : http://kmkkalbar.blogspot.com/)
b.      Data tentang jumlah penduduk Indonesia hasil Sensus Penduduk tahun 2010.
(sumber : http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=12)
c.       Data tentang rangking jumlah penduduk di dunia.
(sumber : http://finance.detik.com/read/2014/03/06/134053/2517461/4/negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-ri-masuk-4-besar)
d.      Peta kepadatan penduduk di Indonesia.
(sumber:http://www.lenteratimur.com/jakarta-vs-sumatera-sulawesi-53-tahunlampau/)

2.      Alat dan Bahan
a.       LCD Proyektor
b.      Laptop

3.      Sumber Pembelajaran
a.       KEMENDIKBUD.2014. Buku Siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VIII. Jakarta:KEMENDIKBUD (Hal 99-134).
b.      KEMENDIKBUD.2014. Buku Guru. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VIII. Jakarta:KEMENDIKBUD (Hal 162-190).
c.       Badan Pusat Statistik.2011. Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Edisi 10. Jakarta:BPS (Hal 37)
f.       http://www.bps.go.id/

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
   a. Pendahuluan
1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2) Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
3) Guru memberi motivasi: menanyakan apakah sudah membaca materi yang akan
    dipelajari.
4) Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5
 orang.

  b. Kegiatan inti
1)   Mengamati
a)      Peserta didik diminta mengamati Gambar ilustrasi jumlah penduduk yang besar, Data jumlah penduduk Indonesia hasil sensus, dan Data 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak.



 
 
 
 
b)      Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari pengamatan gambar dan peta tersebut di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d)     Jika hal-hal yang ingin diketahui belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran ke dalam rumusan pertanyaan.

2)   Menanya
a)      Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan gambar tersebut.
b)      Salah satu peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.

3)   Mencoba/Mengumpulkan Data (Informasi)
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber dengan membaca Buku Siswa, atau sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

4)   Mengasosiasikan/Menalar/Menganalisis Data (Informasi)
a)      Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
b)      Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan.


5)   Mengkomunikasikan
a)      Dipilih secara acak beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b)      Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c)      Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

c. Kegiatan penutup
1)      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)      Peserta didik diberi pertanyaan lisan.
4)      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
6)      Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
7)      Peserta didik diberi tugas untuk mempersiapkan materi yang akan datang tentang Pertumbuhan Penduduk.


2. Pertemuan Kedua
   a. Pendahuluan
1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2) Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
3) Guru memberi motivasi: menanyakan apakah sudah membaca materi yang akan
    dipelajari.
4) Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4 – 5
 orang.

  b. Kegiatan inti
1)      Mengamati
a)      Peserta didik diminta mengamati Tabel data laju pertumbuhan penduduk Indonesia, Gambar dampak jumlah penduduk yang besar.
b)      Berdasarkan hasil pengamatan, peserta didik diminta mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari pengamatan gambar tersebut di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d)     Jika hal-hal yang ingin diketahui belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran ke dalam rumusan pertanyaan.

2)      Menanya
a)      Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan Tabel dan gambar tersebut.
b)      Salah satu peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c)      Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum, peserta didik diminta untuk memperbaiki.

3)      Mencoba/Mengumpulkan Data (Informasi)
Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber dengan membaca Buku Siswa atau sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

4)      Mengasosiasikan/Menalar/Menganalisis Data (Informasi)
a)      Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
b)      Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan.

5)      Mengkomunikasikan
a)      Dipilih secara acak beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b)      Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c)      Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.

c. Kegiatan penutup
1)      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)      Peserta didik diberi pertanyaan lisan.
4)      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
6)      Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.


H.    Penilaian
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
a.       Teknik penilaian : Observasi
b.      Bentuk instrumen : Lembar observasi
c.       Kisi-kisi :

No
Butir nilai (sikap)
Indikator
Jumlah butir instrumen
1
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
Memberi salam
1
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.

1
2
Menghayati ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia  
dengan mempertimbangkan   
kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri.

1
Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
1

d.      Instrumen : lihat lampiran 1A
e.       Petunjuk penentuan nilai : lihat lampiran 1B










2.      Kompetensi Sikap Sosial
a.       Teknik penilaian : Observasi dan Jurnal
b.      Bentuk instrumen : Lembar observasi dan Jurnal
c.       Kisi-kisi :

No
Butir nilai (sikap)
Indikator
Butir instrumen
1
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu.
Suka bertanya
1
Suka mengamati sesuatu
1
2.
Menunjukkan perilaku terbuka.
Menerima pendapat orang lain
1
Mengakui kesalahan
1
3.
Menunjukkan perilaku sikap kritis.
Tidak puas pada jawaban yang ada.
1
Berargumentasi
1

d.      Instrumen : lihat lampiran 2A (Rasa ingin tahu), 2B (Terbuka), 2C (Sikap kritis)
e.       Penentuan skor : lihat lampiran 2A.1, 2B.1, 2C.1


3.      Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik penilaian : Tes tertulis
b.      Bentuk instrumen : Tes uraian
c.       Kisi-kisi :

No
Indikator
Jumlah butir instrumen
Nomor butir soal
1
Menyebutkan jumlah penduduk Indonesia.
1
1
2
Menyebutkan lima pulau dan lima provinsi di Indonesia yang memiliki penduduk terbanyak dan terpadat
1
2
3
Menghitung laju pertumbuhan penduduk.
1
3
4
Menjelaskan dampak jumlah penduduk besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi
1
4
5
Mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi jumlah penduduk besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi
1
5

d.      Instrumen : lihat lampiran 3A
e.       Petunjuk (rubrik) penentuan skor : lihat lampiran 3B

4.      Kompetensi Ketrampilan
a.       Teknik penilaian :
1)      Penilaian produk
2)      Observasi
b.      Bentuk instrumen :
1)  Rubrik penilaian produk
2)  Lembar observasi
c.       Kisi-kisi :






No
Indikator
Butir instrumen
1
Mempresentasikan jumlah penduduk Indonesia, jumlah penduduk menurut pulau dan provinsi di Indonesia.
1
2.
Mempresentasikan tingkat pertumbuhan penduduk, dampak , dan upaya untuk mengatasinya
1
3.
Menyajikan pengetahuan peserta didik mengenai dampak jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi serta upaya untuk menanggulanginya secara tertulis.

1

d.      Instrumen : lihat lampiran 4A, 4C, 4E
e.       Petunjuk Penentuan skor : lihat lampiran 4B, 4D, 4F



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 7 Pekalongan



Sri Supadmi, S.Pd.
NIP. 19650815 199003 2 007

Pekalongan, 14 Juli 2014

Guru Mapel  IPS



Ahmad Aziz, S.Pd.
NIP. 19770605 200701 1 023

No comments:

Post a Comment